Jumat, 20 Januari 2017

Hadapi Perubahan Global, TNI Rencanakan Penyebaran Pangkalan Militer

JAKARTA - ‎Usai dihelatnya rapat pimpinan (rapim) TNI 2017, beberapa hal strategis yang berkaitan dengan upaya antisipasi perubahan dan dampak global. TNI berencana melakukan penyebaran pasukan dan pangkalan militer di wilayah terpinggir.




"Kami akan mengadakan penyesuaian, penyebaran pasukan, dan pangkalan yang tidak tersentral di Jawa," ungkap Panglima TNI Gatot Nurmantyo di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (19/1/2017).

Tak hanya itu, implikasi dari penyebaran pangkalan tersebut, Panglima TNI akan menyiapkan armada baru, yakni armada pasukan 3.

"Pembentuk Kodam-Kodam baru, Korps baru tidak. Tapi armada baru, armada 3 itu harus dilakukan‎," tegasnya.

‎Pasalnya, sampai saat ini pihaknya kerap berorientasi kepada armada timur saja. Karena itu perlu adanya tambahan armada yang akan ditempatkan di sekitar Papua.

‎Meski demikian, Gatot enggan menargetkan waktu realisasi pembentukan pangkalan dan armada baru tersebut.

"Pembentukannya semua rencana ini harus dilaporkan dulu kepada pemerintah kepada presiden, kemudian setelah dianalisis bersama-sama diputuskan baru dilakukan," terangnya.

‎Selain itu, dengan adanya penyebaran pangkalan dan armada pasukan TNI di tempat-tempat terpinggir diharapkan dapat menggerakkan perekonomian di tempat tersebut.

"Dari pangkalan-pangkalan difokuskan pada tempat-tempat terpinggir supaya bisa membentuk sentra-sentra ekonomi baru," pungkasnya.

Sumber: NewsOkezone


EmoticonEmoticon