Minggu, 15 Mei 2016

Obama Peringatkan Rusia Soal Pembangunan Militer di Eropa Utara

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama memperingatkan Rusia terkait pembangunan militer yang agresif di Eropa Utara. Hal itu dikatakannya setelah bertemu dengan para pemimpin Nordic dari Islandia, Swedia, Norwegia, Finlandia, dan Denmark di Gedung Putih.



"Kami bersatu dalam keprihatinan kami tentang tumbuh kehadiran militer agresif Rusia dan postur di wilayah Baltik-Nordic," katanya seperti dikutip dari laman Hirunews, Sabtu (14/5/2016).

Sebelumnya, Obama mengatakan bahwa AS bersama negara-negara Nordic setuju untuk menciptakan perdamaian di dataran Eropa. "Kami percaya bahwa warga negara kita memiliki hak untuk hidup dalam kebebasan dan keamanan, bebas dari terorisme, dan Eropa di mana negara-negara yang lebih kecil tidak diganggu oleh negara-negara yang lebih besar," katanya.

Baca: Perkembangan Militer Rusia Bikin AS Terkejut

Namun, Obama juga mengatakan bahwa Washington juga siap untuk melawan agresi yang dirasakan datang dari Rusia. "Kami akan mempertahankan dialog yang berkelanjutan dan mencari kerjasama dengan Rusia tetapi kami juga ingin memastikan bahwa kami siap dan kuat dan kami ingin mendorong Rusia untuk menjaga kegiatan militernya secara penuh sesuai dengan kewajiban internasional," katanya.

Sementara itu, Denmark dan Norwegia dilaporkan setuju berkontribusi lebih di masa depan sebagai bagian dari organisasi sekutu bentukan AS, NATO.

Sumber: http://international.sindonews.com/read/1108578/42/obama-peringatkan-rusia-soal-pembangunan-militer-di-eropa-utara-1463240827


EmoticonEmoticon