Minggu, 07 Februari 2016

HEBAT!! Mahasiswa ITS ini Berhasil Buat Robot Tank Untuk TNI

Sebuah prestasi mulia ditorehkan oleh mahasiswa Institut Teknologi 10 November (ITS). Bachtiar Dumais Laksana bersama Adhitya Whisnu Pratama dan Muhammad Iqbal berhasil membuat tank tanpa awak pertama. Robot tank itu akan didedikasikan sebagai peralatan tempur TNI.





Tank yang dikendalikan dengan remote control itu dirancang, dirakit dan diproduksi sendiri oleh tiga mahasiswa ITS tersebut. Tank yang diberi nama War-V1 itu belum diproduksi massal, masih berupa prototipe. Tank robot tersebut sudah dilirik oleh Kodam Kodam VI/Mulawarman di Balikpapan dan Batalyon Kavaleri 8 Divisi Infantri 2 Kostrad di Bandung.

Baca juga : Seragam Militer Buatan Mahasiswa Indonesia Mendunia

Pembuatan tank robot tersebut berawal dari hobi ketiganya di dunia militer. Dengan latar belakang lulusan elektro SMK, mereka mulai berusaha merealisasikan mimpi tersebut. Menurut Bachtiar, desain dan model tank tersebut berasal dari robot yang digunakan oleh militer Jepang.


Bachtiar menguji komponen Robot Tank (Merdeka.com)

"Kemudian kami coba, itungannya nekat. Saya tanya ke Batalion Kavaleri sampai Kodam, yang berikan tanggapan positif Kodam Mulawarman dan Batalion Kavaleri 8. Jadi kemudian dengan konsep yang ada, kendaraannya saya sendiri inginnya berfungsi sebagai back up, di lapangan sebagai sweeper atau penyapu, setelah infantri masuk mampu di back up unit ini. Makanya mulai dari senjata sistem kami sesuaikan dengan tujuan aplikasi," kata mahasiswa berusia 23 tahun ini seperti dikutip Merdeka.


Kemudian kami coba, itungannya nekat

Untuk mensukseskan aktifitasnya, ketiga mahasiswa tersebut membuat perusahaan sendiri bernama BDL-Tech. Proses pembuatan robot itu berlangsung 13 bulan hingga hadirnya prototipe seperti sekarang. Karena belum mendapatkan bantuan dari pihak manapun, mereka pun masih menggunakan modal sendiri untuk membeli komponen dan alat pendukung. Hal itu mengakibatkan mereka sempat kesulitan mendatangkan komponen yang lebih memadai sebab komponen dari China itu harganya belasan juta rupiah belum termasuk bea impor. (Tarbiyah)

Baca juga: BANGGA! Senjata Buatan Pindad ini Bisa Tembus Tank Baja, Dunia Geger


EmoticonEmoticon